01 Jan 2006 @ 11:55 AM 

Aku terbangun dari tidurku karena kedinginan. Ternyata Tahun Baru baru saja kulewati dalam tidurku. Ya, malam pergantian tahun ini memang berjalan seperti malam-malam yang lain. Ditambah lagi kesehatanku yang makin memburuk. Memang, selama 1 bulan terakhir aku cukup sering sakit-sakitan. Saat terakhir cek-up ke dokter, aku sempat diingatkan akan tensi darahku yang naik. Saat mudik sehari sebelum Natal pun aku menyetir dalam keadaan kurang fit, dan sekarang aku benar-benar harus banyak beristirahat karena ternyata tensi darahku naik cukup tinggi.

Sepanjang tahun 2005 kulewati begitu saja. Belakangan ini aku begitu banyak merasakan kepahitan yang kutinggalkan di tahun 2005. Begitu banyak kenyataan dan realita yang kulihat dan kuhadapi yang begitu mengecewakan aku. Aku belajar bahwa tak ada yang bisa kupercayai selain diriku sendiri dan apa yang kuyakini. Orang-orang yang kukenal lewat tindak-tanduknya yang “terlihat” bijak atau suci, ternyata penuh dengan kebohongan dan ambisi diri. Bahkan seseorang yang sempat dekat denganku pun ternyata menyisakan tak lebih dari sebuah kenyataan pahit bahwa aku telah dipermainkan.

Hmmm… tahun yang cukup berat telah kulalui. Pekerjaan rutinitas pun terus akan berjalan. Tak terasa telah 1,5 tahun aku menginjak dan bernaung di Pulau Dewata. Begitu banyak emosi telah kumainkan di sana. Memang, awal tahun lalu aku tak pernah membayangkan akhir tahun yang akan kuhadapi akan seperti sekarang ini. Begitu banyak perubahan yang tak terduga terjadi. Perubahan terbesar yang mengubah pola hidupku berawal dari goncangnya industri reksadana pada bulan April dan September. Ditambah lagi dengan kejutan ledakan bom Bali ke-2 yang memukul seluruh masyarakat Bali. Semuanya itu terasa lengkap saat aku pun melihat kenyataan bahwa memang aku harus mengandalkan kekuatan sendiri dalam menjalankan tugasku.

Memang, tahun 2005 bukanlah tahun yang kulewati tanpa kegembiraan dan suka cita. Ada banyak pula yang kuterima di tahun itu. Ada beberapa teman maya yang kuperoleh di tahun itu, yang berasal dari berbagai kalangan. Memang, kami belum pernah bertemu, hanya terhubung lewat dunia maya karena hobi yang sama; namun pertemenan itulah yang setidaknya memberikan sedikit penghiburan padaku. Di tahun 2005 pula aku berkesempatan mengunjungi kota Kupang, sebuah pengalaman yang cukup berkesan. Yang jelas, aku bersyukur bahwa aku bisa melihat lebih banyak tipe manusia dan aku bisa bertindak sebagai diri sendiri di tahun itu.

Malam makin larut… dan kembali aku merasakan keheningan dalam kamarku ditemani oleh suara jangkrik. Suara terompet dan letusan petasan telah berhenti. Suara knalpot dan klakson tidak lagi terdengar. Ku makin merenungkan jejak langkahku di belakang. Aku memang tak ingin menoleh ke belakang, aku hanya ingin menatap jalan di depanku yang masih terbentang. Aku hanya ingin mengambil hikmah dari semua pengalamanku di tahun lalu. Tak ada lagi yang bisa kulakukan selain berserah pada Dia yang telah mengatur jalanku. Malam ini kuberdoa agar di tahun yang baru ini aku sanggup untuk tetap melangkah… Sayup-sayup suara speker laptopku mendendangkan lagu Aku Ingin Pulang dari Ebiet G. Ade. Ya… saat ini aku benar-benar letih dan ingin pulang ke pangkuanNya…

Kemanapun aku pergi
Bayang – bayangmu mengejar
Bersembunyi dimanapun
S’lalu engkau temukan
Aku merasa letih dan ingin sendiri
Ku tanya pada siapa
Tak ada yang menjawab
Sebab s’mua peristiwa
Hanya di rongga dada
Pergulatan yang panjang dalam kesunyian

Aku mencari jawaban di laut
Ku sadari langkah menyusuri pantai
Aku merasa mendengar suara
Menutupi jalan
Menghentikan petualangan
Du… du… du…

Kemanapun aku pergi
Selalu ku bawa – bawa
Perasaan yang bersalah datang menghantuiku
Masih mungkinkah pintumu ku buka
Dengan kunci yang pernah kupatahkan
Lihatlah aku terkapar dan luka
Dengarkanlah jeritan dari dalam jiwa

Aku ingin pulang…
U… hu…
Aku harus pulang…
U… hu…
Aku ingin pulang…
U… hu…
Aku harus pulang…
U… hu…
Aku harus pulang…

Selamat menempuh hidup yang baru!

JN. Rony
20060101

Posted By: Mamoru
Last Edit: 19 Jun 2011 @ 03:15 PM

EmailPermalink
Tags
Categories: Personal


 

Responses to this post » (None)

 
Post a Comment

You must be logged in to post a comment.

Tags
Comment Meta:
RSS Feed for comments

 Last 50 Posts
 Back
Change Theme...
  • Users » 1
  • Posts/Pages » 139
  • Comments » 0
Change Theme...
  • VoidVoid « Default
  • LifeLife
  • EarthEarth
  • WindWind
  • WaterWater
  • FireFire
  • LightLight

About



    No Child Pages.