12 Feb 2007 @ 4:05 PM 

Tak terasa satu bulan lebih telah berlalu di tahun 2007. Waktu begtu cepat berlalu, hari demi hari. Aku, walaupun dipenuhi dengan berbagai aktivitas, selalu mencoba untuk menggali makna kehidupan yang kujalani ini. Kadang kala aku merasa capek dan kesepian, namun kesadaran sebagai seorang manusia aku mencoba untuk memahami terus-menerus arti dari jalan hidup yang kutempuh ini. Berat memang, namun aku percaya bahwa sesuatu yang indah menantiku di akhir ceritaku ini.

Beberapa hari yang lalu, ceceku melahirkan anak keduanya lewat proses operasi caesar di Canada, tempatnya tinggal beberapa tahun terakhir ini. Karena perbedaan waktu dan entah kenapa, aku sulit sekali menghubungi dia pasca melahirkan. Baru kemarin siang aku bisa menelepon dan mendapatkan kabar kurang baik, bayi yang baru berusia beberapa hari itu sakit dan sedang dirawat di rumah sakit. Sedih… itu yang kurasakan beberapa hari terakhir dan ternyata kesedihan itu harus bertambah. Entah firasat apa yang menghinggapiku belakangan ini, mungkin karena aku stress akan beban kerjaan di kantor dan rasa kesepian yang kembali menghampiriku. Memang, beberapa hari terakhir aku banyak diacuhkan oleh beberapa teman yang aku tahu memang sedang sibuk. Aku sendiri pun sedang berkutat dengan rekrutmen karyawan baru, ditambah lagi harus mendampingi 2 orang teman yang sedang berlibur ke Bali akhir pekan ini.

Dalam kesepian itu, seringkali aku merenungkan pertanyaan-pertanyaan yang hingga kini belum terjawab tentang rencana di balik kehidupanku ini. Lewat perenungan itulah aku mencoba untuk terus hidup dan bertahan. Seorang bijak pernah berkata bahwa hidup itu bisa dibuat mudah maupun sulit, tergantung dari bagaimana kita mengolah hidup. Namun, bagi sebagian orang melankolis, hidup itu susah, bahkan tiada hari tanpa bergaul dengan kesusahan. Seorang kawan berkata padaku, maka jalanilah hidup yang susah itu, sebab bila aku bisa bertahan maka aku telah menunjukkan bahwa aku berhasil dan sukses bertahan. Well, ada benarnya… setidaknya selama aku masih susah, itu tandanya aku masih hidup.

Seorang kawan dalam chatting sering menasehatiku, carilah pasangan hidup agar tidak kesepian lagi. Beberapa kawan lainnya pun kadang memberikan nasehat yang sama saat berjumpa. Well, aku sadar berkeluarga adalah sebuah panggilan hidup. Itulah fase ke-3 dalam kehidupan tiap manusia. Begitu banyak sakit yang telah kurasakan hingga saat ini kadang membuatku enggan dalam membina hubungan. Menyerah? Mungkin. Kepahitan demi kepahitan membuatku tak tahu lagi apa yang harus kuperjuangkan. Namun itulah fase terakhir yang nantinya harus kujalani dan lewat dukungan doa dari beberapa orang yang dekat denganku aku terus mencoba mencari jalan yang telah ditetapkan bagiku. Setidaknya aku terus mencoba menjalani apa yang ada di depanku saat ini.

Hmmm… malam makin larut dan pagi pun menjelang, tapi mataku masih belum bisa terpejam. Hawa panas berputar di dalam kamarku. Lagi-lagi hujan enggan turun di kota ini. Sejenak kutermenung dan teringat akan film Solo yang tadi kusaksikan di TV. Film tentang cyborg yang belajar tentang arti menjadi hidup seperti manusia. Tentang arti pengorbanan diri pada keluarga dan sesama. Sebuah kisah fiksi yang cukup menyentuh, mengingat mengorbankan diri demi orang lain adalah perbuatan yang tidak masuk nalar. Mungkin itulah makna sesungguhnya dari cinta…

Well… ku kan terus jalani apa yang ada di hadapanku sekarang. Aku percaya bahwa ada sesuatu yang indah menantiku ini akhir perjalananku. Kini aku harus segera tidur untuk memulihkan tenaga, sebab beberapa jam lagi harus menghadapi minggu yang baru dalam rutinitas kantor. Biarlah malam ini aku ditemani oleh mimpi yang indah…

“Melambung jauh terbang tinggi bersama mimpi, terlelap dalam lautan emosi. Setelah aku sadar diri, kau tlah jauh pergi… tinggalkan mimpi yang tiada bertepi…”

Dalam keheningan malam,

JN. Rony
20070212

Tetap semangat…

Posted By: Mamoru
Last Edit: 19 Jun 2011 @ 03:15 PM

EmailPermalink
Tags
Categories: Personal


 

Responses to this post » (None)

 
Post a Comment

You must be logged in to post a comment.

Tags
Comment Meta:
RSS Feed for comments

 Last 50 Posts
 Back
Change Theme...
  • Users » 1
  • Posts/Pages » 139
  • Comments » 0
Change Theme...
  • VoidVoid « Default
  • LifeLife
  • EarthEarth
  • WindWind
  • WaterWater
  • FireFire
  • LightLight

About



    No Child Pages.