09 Mar 2008 @ 4:40 PM 

Apa yang menjadi tanda bahwa orang itu sudah dewasa atau masih anak-anak? Pertanyaan itu dilontarkan kepadaku dari mulut mungilnya. Agak sulit bagiku untuk menjelaskan, mengingat memang tidak ada aturan baku untuk mengukur tingkar kedewasaan seseorang. Akhirnya kujawab, orang bisa dewasa bila mampu bertanggung jawab atas pikiran dan perbuatannya. Yang kutahu bahwa kedewasaan membuat orang lebih bijaksana dalam berpikir, berucap dan bertindak. Beberapa waktu yang lalu aku pernah menuliskan Jadi Tua Itu Pasti, Jadi Dewasa Itu Pilihan, yang terinspirasi oleh sebuah iklan rokok. Memang kedewasaan tidak identik dengan umur.

Sejenak pikiranku melayang pada seorang teman yang nun jauh di negeri orang. Mungkin dia ini salah satu contoh sebuah kedewasaan dalam diri orang yang masih muda. Bekerja keras dan menyekolahkan adik-adiknya ke luar negeri dengan harapan ingin adik-adiknya menjadi sukses. Bentuk kecintaannya mampu mengalahkan keinginan untuk menyenangkan diri sendiri, sebuah pengorbanan besar untuk seusia dia. Well… kukatakan padanya, bahwa aku sangat bangga dan salut pada prestasinya. Tidak semua orang bisa seperti itu dan dalam dirinya itulah tercermin sebuah kedewasaan.

Bicara tentang pengorbanan, kuteringat pada seorang teman saat ini kembali tinggal di Surabaya. Saat ini dia memiliki 2 orang anak dan suami yang bekerja di kota lain. Dalam sebuah kesempatan chatting, dia pernah bilang bahwa kadang dia bosan karena jarang keluar rumah untuk bersenang-senang, mengingat ada 2 orang anak yang harus dijaga; ditambah lagi posisi suami yang beda kota sehingga jarang bertemu. Namun pengorbanan itu diambil sebagai bentuk kecintaan pada keluarganya. Memang temanku ini tipikal ibu rumah tangga sejati, pekerjaan sehari-hari menjaga dan mengurus anak, diselingi dengan main game komputer :) Aku salut dan angkat topi padanya, sebuah kedewasaan pun tercermin dalam diri temanku ini. Kedewasaan yang mampu mengorbankan keinginan pribadi demi keluarga.

Pikiranku makin melayang… memang tidak banyak orang bisa menjadi dewasa saat ini. Begitu banyak kemudahan dan kenyamanan ditawarkan oleh dunia, sehingga seringkali membuat orang cenderung memilih yang mudah, yang enak, yang praktis dalam segala hal, tanpa memikirkan orang lain atau masa depan. Aku teringat dalam beberapa kesempatan mencari karyawan baru, begitu banyak lulusan sekarang ingin mencari pekerjaan yang mudah namun dengan gaji yang besar. Berbagai titel sarjana disandang hanya sekedar hiasan. Menyedihkan memang, mungkin era globalisasi telah membentuk sebuah pola baru, ataukah aku yang terlalu kuno? Yang jelas, aku tetap percaya bahwa seleksi alam tetap akan berjalan… yang produktif akan bertahan dan yang tidak menghasilkan akan tersingkir dengan sendirinya.

Hmmm… memang sulit untuk menjadi dewasa ya, begitu banyak tuntutan tanggung jawab yang harus kita pikul. Dengan memutuskan menjadi dewasa, seseorang harus siap mengorbankan sebagian sifat kanak-kanak dalam dirinya. Namun, sifat kanak-kanak tetaplah perlu, untuk menjaga keseimbangan dalam diri, asalkan waktu dan tempatnya harus tepat. Dengan bisa membagi waktu, kapan saatnya bekerja, kapan saatnya sekolah, kapan saatnya bermain, kapan saatnya bercanda, kita sudah membuktikan bahwa kita bisa menjadi dewasa, terlepas berapapun umur kita. Aku sadar bahwa aku pun belum dewasa sepenuhnya, namun aku mencoba untuk lebih bertanggung jawab pada pikiran, perkataan dan perbuatan. Lamunanku buyar, aku harus segera mengemasi koperku… nanti malam aku terbang kembali ke Bali untuk kembali melanjutkan perjuanganku di sana. Seperti kata Andrie Wongso, sang motivator: “Success is My Right”, demikian pula aku percaya bahwa jadi dewasa itu memang pilihan!

Sampai berjumpa lagi Surabaya…

JN. Rony
20080309

dedicated to beau & clod – you are so amazing!

Posted By: Mamoru
Last Edit: 19 Jun 2011 @ 03:15 PM

EmailPermalink
Tags
Categories: Personal


 

Responses to this post » (None)

 
Post a Comment

You must be logged in to post a comment.

Tags
Comment Meta:
RSS Feed for comments

 Last 50 Posts
 Back
Change Theme...
  • Users » 1
  • Posts/Pages » 139
  • Comments » 0
Change Theme...
  • VoidVoid « Default
  • LifeLife
  • EarthEarth
  • WindWind
  • WaterWater
  • FireFire
  • LightLight

About



    No Child Pages.